Selamat Datang di Blog Arbain

Senin, 29 Maret 2010

Berbagi Ilmu


Assalamu’alaikum wr wb.

Sebuah hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, beliau bersabda:
Artinya:
Barangsiapa ditanyakan kepadanya tentang sesuatu ilmu yang diketahuinya tetapi tidak mau menerangkannya kepada penanya itu, maka Allah akan membelenggunya dengan belenggu api pada hari kiamat. (HR Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Dalam tulisan saya terdahulu telah sama-sama kita ketahui bahwa salah satu amalan di dunia yang tetap terus ada nilainya adalah “ilmu yang bermanfaat”.
Selama ilmu yang diajarkan itu dapat dimanfaatkan/diamalkan oleh orang yang menerima ilmu itu maka pahala akan terus mengalir kepada si pemberi ilmu.

Di zaman sekarang, adakah seseorang yang memiliki banyak ilmu bermanfaat, tetapi “pelit” memberikannya kepada orang lain?, adakah orang yang bila ditanya enggan menjawab?, adakah orang akan merasa “tersaingi” jika ia menularkan ilmunya kepada orang lain?, adakah orang yang tidak ikhlas apabila diminta memberikan Tausiyahnya?.
Jika masih ada, maka dalam diri orang itu ada yang perlu diperbaiki, Na udzubillahi min dzalik.

Maka kita sebagai umat Rasulullah Muhammad saw seyogyanya mau saling memberi dan menerima ilmu-ilmu yang bermanfaat walaupun sedikit.

Ingat ancaman dalam surat Al-Baqarah ayat 159, Allah SWT berfirman:
إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِن بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَـئِكَ يَلعَنُهُمُ اللّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ
Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati,

Terima kasih, mudah-mudahan yang sedikit ini ada manfaatnya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar